Monday, November 25, 2013

"HARI RAYA ROTI TIDAK BERAGI"


KPR 12:1-3

12:1 Kira-kira pada waktu itu raja Herodes mulai bertindak dengan keras terhadap beberapa orang dari jemaat.
12:2 Ia menyuruh membunuh Yakobus, saudara Yohanes, dengan pedang.
12:3 Ketika ia melihat, bahwa hal itu menyenangkan hati orang Yahudi, ia melanjutkan perbuatannya itu dan menyuruh menahan Petrus. Waktu itu hari raya Roti Tidak Beragi.

Apa kaitannya Herodes menganiaya murid Tuhan dengan Hari Raya tidak beragi???

Hari raya Roti Tidak Beragi adalah sebuah hari raya Yahudi yang dirayakan selama tujuh hari sehabis Paskah. Hari raya roti tidak beragi memperingati PENDERITAAN DI MESIR.

Perhatikan sahabat, Pada hari raya Roti Tidak Beragi orang Yahudi memperingati penderitaan mereka di Mesir, ironis dengan fakta tindakan Herodes membunuh Yakobus dan menahan Petrus justru menyenangkan hari orang Yahudi.  Jika orang Yahudi berfikir normal maka pada hari raya roti tidak beragi mereka harus mengurangi penderitaan sesama, karena mereka pernah mengalami penderitaan yang sangat di Mesir sampai di buat peringatanya.

Terkadang  sejarah tinggal sejarah, seremonial keagamaan mentradisi dan nilainya sudah mati. Nafsu daging yang hidup dalam daging, menguasai seluruh aspek kehidupan manusia.  Hari raya keagamaan pesta pora yang diutamakan, sedangkan nilai rohani dimatikan.  Demikianlah pengalaman bangsa Israel ketika Petrus di tahan pada hari raya roti tidak beragi.

Sahabat, semoga menyambut Hari NATAL ini pesta pora Natal dikurangi pembebasan terhadap yang tertindas di tingkatkan, bila penting dibebaskan.
Unknown Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

No comments:

Post a Comment